Bukalapak Emang Cincai
Bukalapak Emang Cincai
Kali gue akan menganalisa sebuah ads dari Bukalapak. Yaitu bertema-kan "Bukalapak Emang Cincai". Pada video yang berdurasi 1 menit, dan menghadirkan sosok ibu-ibu chinese. Tidak hanya seorang ibu-ibu chinese yang ditampilkan, tetapi ada beragam golongan usia tetapi tetap menggunakan wajah dan karakter ibu-ibu tersebut. Ibu tersebut terlihat sedang bernyanyi, dan ada lirik yang membuat saya tertatrik untuk membahasnya. Yaitu "Harga Santai Kagak Lebay" dan selalu menyebutkan kata "Cincai. Menurut gue, ads ini sangat kreatif karena menggunakan kalimat yang konotatif.
Pertama, gue akan analisa dari kalimat "Harga Santai Kagak Lebay". Menurut gue, Bukalapak mengatakan kata "Santai" itu adalah saking murahnya harga produk di Bukalapak, lalu diartikan sebagai membeli dengan harga yang sangat santai dan menjadikan hal tersebut tidak lebay. Kedua, kata "Cincai" yang notabene kata tersebut melekat pada pedagang chinese. Dan gue mengartikannya sebagai, jika lo mau membeli sebuah produk di Bukalapak, kalian bisa melakukan negosisasi harga dengan pedagang nya.
Menurut pengalaman pribadi saya, dalam melakukan pembelian di sebuah toko di mangga besar yang mayoritas pedagangnya ibu-ibu chinese, dan mereka selalu mengeluarkan kata yang nyeleneh yaitu "Cincai ajalah..". Dari kata tersebut gue mengartikan bahwa, orang chinese itu merasa tidak apa apa rugi di awal, dari situ saya mengartikan bahwasanya mereka ingin membuat para customer nya itu bisa bertahan dan konsisten tetap berbelanja ke dia, sehingga dia tidak perlu repot2 lagi mencari customer baru karena dengan strategi dagang mereka tersebut.
Dan satu lagi poin yang bisa di korelasikan dengan pedagang chinese dan Bukalapak adalah konsistensi dan etos kerja chinese yang gigih. Darisitu gue mengartikan kalau Bukalapak ingin mengesankan juga kepada customer nya, seperti kinerja para pedagang chinese. Pasti dari situ secara tidak langsung Bukalapak akan mendapatkan branding dari customernya, kalau mereka itu konsisten, dan mengayomi para customernya.
Komentar
Posting Komentar